19 January 2014

Euforia Ikut Ujian CPNS...

Sudah lama sekali saya vaccum dalam menulis blog saya ini, sampai domain saya expired dan jadi blogspot lagi. Kali ini mumpung ada koneksi internet saya akan menceritakan perjalanan saya mengikuti seleksi alias tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2013.

Hal yang paling dinantikan oleh para pencari kerja di seluruh Indonesia, karena menjadi seorang PNS merupakan impian setiap orang, PNS di mata masyarakat adalah pekerjaan yang cukup prestisius dan menjanjikan, disamping mendapatkan pensiun, gaji PNS selalu naik tiap tahun, dan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pinjaman.

Sayapun juga begitu, sejak 2008 saya mengikuti tes CPNS dan selalu gagal, pada tahun 2008 saya pernah ikut 2 tes CPNS yaitu di BPK dan Kementerian Keuangan dengan lokasi tes waktu itu di Makassar, karena saat itu saya masih bekerja di Makassar, jadi saya tes disana.

Pada waktu itu tes diselenggarakan di kompleks Universitas Hasanuddin Makassar, untuk tes Kementerian Keuangan saya gagal karena salah tanggal tes waktu itu hehehe..kurang perhatian sama tes, dan kemudian yang kedua ikut tes BPK namun kali ini saya gagal karena saya kalah bersaing.

Kemudian pada tahun berikutnya 2009 saya kembali mencoba peruntungan mengikuti tes CPNS kembali, namun kali ini saya sudah pulang ke Jawa, karena kontrak kerja saya di Makassar telah berakhir, waktu itu saya masih nganggur nglamar sana sini dan pada waktu ada pengumuman lowongan CPNS saya ikut mendaftar, kali ini persiapan dan keinginan saya lebih serius dan matang.

Waktu itu saya sempat membeli beberapa buku soal-soal CPNS di toko buku Gramedia sampe penjual di beberapa instansi pemerintah/ kantor pemda, tahun 2009 saya mengikuti tes CPNS di beberapa lokasi yaitu Pemkab Klaten, KPU, Kemenhut dan semuanya berakhir dengan kegagalan, namun pacar saya yang sekarang menjadi istri saya juga ikut di 2 instansi yaitu Pemkot Yogyakarta dan Pemkab Kebumen dan alhamdulilah istri saya diterima di Pemkab Kebumen sebagai Bidan di RSUD Kebumen.

Waktu itu kami sama-sama iseng coba ikutan tes CPNS dan istri saya kaget waktu dapat kabar dari temannya bahwa dia keterima CPNS, waktu itu saya masih inget kejadiannya ketika kami berdua sedang jalan-jalan di Jogja dan mampir di warung soto banjar di daerah Kotabaru, Jogja. Istri saya dapet sms dari temannya mengabarkan klo istri saya diterima, antara kaget, senang bercampur bahagia, kemudian untuk memastikan kabar tersebut kami mencari koran lokal untuk melihat pengumuman tersebut, dan apesnya kami mengelilingi kota Jogja nyari koran tersebut sudah ludes terjual, mungkin karena sudah siang dan banyak yang nyari juga kali ya.

trus akhirnya kami mencari warnet terdekat dan membuka situs Pemkab Kebumen, dan ternyata benar kabar tersebut, istri saya kemudian pulang ke kebumen untuk mempersiapkan keperluan pemberkasan.

Lanjut tahun 2010 saya mencoba lagi peruntungan mengikuti tes CPNS, kali ini belajar dari pengalaman tahun sebelumnya dan masih dalam format yang sama, saya mengingat kembali soal-soal yang pernah muncul pada saat tes tahun lalu, saya inventarisir dan saya catat, tahun 2010 saya mengikuti beberapa tes antara lain di Kemenhut, Kemenhub dan BUMN PT. POS Indonesia.

Untuk Kemenhut saya mengikuti seleksi di Jogja karena waktu itu saya sudah bekerja di kota Jogja sehingga masih bisa terjangkau, dan untuk Kemenhub dan PT. POS saya ikkut ujian di Semarang, dan alhamdulilah semuanya bisa lanjut ke fase selanjutnya, untuk Kemenhub masih ada tes psikotes dan wawancara, waktu itu saya sudah optimis lolos dan bodohnya saya waktu itu karena Kemenhub saya kurang begitu suka akhirnya saya mengikuti tes asal-asalan, karena saya lebih condong di Kemenhut.

Kemudian karena saya merasa optimis di Kemenhut sayapun mengikuti ujian tahap kedua yaitu wawancara, entah kenapa kali ini saya juga gagal dalam tes wawancara, perasaan waktu itu pertanyaannya standar-standar aja, dan sayapun juga menjawab dengan lancar, namun rejeki emang belum berpihak pada saya, dan akhirnya sayapun gagal juga di Kemenhut.

Bersambung....


Related Story

4 comments:

  1. perlu di cobalagi kayaknya sob. terus usaha. hahaha

    Apes

    ReplyDelete
  2. saya baru ikut tahun ini dan gagal

    ReplyDelete
  3. Pantang mundur gan, terus coba aja!
    Rejeki Tuhan tak pernah tertukar :))

    ReplyDelete
  4. semangat,,maju terus pantang mundur

    ReplyDelete